Cara Membuat Bakso Yang Enak dan Kenyal

cara membuat bakso
cara membuat bakso

Bakso merupakan kuliner yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini memang enak disantap di berbagai acara dan suasana. Bakso kini tengah populer disajikan di acara hajatan wedding dan biasanya disajikan pada sebuah booth. Di bidang usaha, kuliner ini juga cukup menjanjikan. Dibuktikan dengan banyaknya pada pedagang bakso dan tidak pernah sepi pelanggan.

Apa sih yang membuat kuliner bakso ini enak? tentu saja adonan dan cara membuatnya. Bakso pada umumnya dibuat menggunakan 2 jenis daging yakni daging sapi dan daging ayam. Kedua daging tersebut memiliki tekstur yang berbeda. Daging sapi memiliki tekstur yang alot sedangkan daging ayam teksturnya lebih empuk.

Cara membuat bakso bisa dibilang cukup mudah. Daging digiling halus terlebih dahulu hingga halus. Bumbu/bahan lainnya pun sangat mudah didapat di sekitar kita. Bahan-bahan lainya antara lain tepung, garam, bawang, lada, dan lain sebagainya. Berikut resep bakso daging sapi.

Resep Bakso Daging Sapi

  • 500 g daging sapi halus
  • 50 g tepung
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 4 siung bawang putih halus
  • 40 g es batu
  • 500 ml air panas
  • Lada secukupnya
  • Penyedap rasa (jika diperlukan)

Cara membuat bakso daging sapi

  1. Giling terlebih dahulu daging sapi menjadi halus
  2. Masukkan daging sapi yang telah digiling halus. Kemudian campurkan tepung, telur, garam, bawang putih, dan lada yang telah dihaluskan.
  3. Campur semuanya sampai merata dan tercampur sempurna
  4. Tambahkan es batu sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk
  5. Siapkan air mendidih/panas dalam sebuah wadah
  6. Bentuk adonan yang telah jadi tadi menjadi bulat-bulat dan langsung masukkan ke dalam air panas. Bisa menggunakan tangan untuk membentuknya atau juga menggunakan bantuan alat/mesin
  7. Tunggu sampai butiran-butiran pentol mengapung semua dan ambil. Jika pentol sudah mengapung itu tandanya sudah matang.

Dalam proses pembuatan adonan bakso ini anda bisa memanfaatkan bantuan mesin giling daging bakso. Mesin ini akan menggiling daging kemudian langsung mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya secara cepat dan merata. Sedangkan pada proses pencetakan, akan lebih mudah jika menggunakan mesin cetak bakso. Cukup memasukkan adonan bakso ke dalam mesin maka pentol akan tercetak dengan otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp